Saturday, January 26, 2013

Ogon (English-Bahasa Version)


Yamabuki Ogon
Most of Hobbyist said that Ogon is simply a golden color koi and visually it is true. I am not going to describe about the definition of Ogon, Hikari-mijimono and Hikarimono and neither the history, but as a hobbyist I will be more focusing on the tips of how to select the good quality Ogon:


(1) Ogon must have a clear shiny head and free of any discoloration or spot.
(2) Glittering pectoral fins.
(3) Dull metalic luster should continue to the edge of every single scale, the more is the better.
Ogon need larger pectoral fins since Ogon easily to get fat, therefore, if the pectoral fins are to small, it looks imbalance when swimming. Again, in my opinion if you choose one color fish, you need to carefully  select a good body shape. 

<Ogon adalah jenis koi yang memiliki warna sederhana keemasan, dan secara visual memang tampil demikian. Saya tidak akan membahas definisi Ogon, Hikari-mijimono dan Hikarimono ataupun sejarahnya, tetapi sebagai seorang hobbyist saya akan fokus menerangkan  bagaimana cara memilih Ogon yang baik, sebagai berikut:

(1) Ogon harus memiliki penampilan kepala yang bersih dan bercahaya, juga tidak boleh ada warna spot ataupun warna yang memudar
(2) Sirip dada harus memiliki warna mengkilat (gliter) 
(3) Warna metalik kearah pinggiran sisiknya harus dull metalik (warna metaliknya menipis)

Ogon harus mempunyai sirip dada yang besar karena Ogon bentuk badannya mudah gemuk, sehingga kalau sirip dadanya kecil maka menjadi tidak seimbang saat berenang. Juga perlu diperhatikan, menurut pendapat saya pribadi kalau memilih koi satu warna bentuk badan yang bagus memegang peran yang penting sekali>. 

Platinum Ogon
Another famous type of Ogon is "Platinum Ogon", their body is white with a platinum sheen. The same reqirements are also needed:
(1) Head is supposed to be clear.
(2) Most part of the body, such as body and pectoral fins, must be shiny.
(3) The pectoral fins must be larger as Golden Ogon has, otherwise it's becoming imbalance when swimming.
Platinum Ogon can attract your eyes when swimming if it has shiny pectoral fins.

<Jenis Ogon yang cukup terkenal lainnya yaitu Platinum Ogon, badannya berwarnah putih platinum. Syarat yang sama juga diperlukan, yaitu:

(1)  Bagian kepala harus bersih
(2) Sebagian besar badannya dan sisip dada harus kelihatan bercahaya/mengkilat 
(3) Seperti halnya Ogon, sirip dada harus besar supaya terlihat seimbang saat berenang

Platinum Ogon bisa menarik perhatian mata pada saat berenang jika memiliki sirip dada yang terlihat bercahaya/mengkilat>. 

to be continued <koitutor.blogspot.com>